Alam Kehidupan Manusia

by Pulsa Syariah on November 10, 2015

in Uncategorized

Alam kehidupan manusia dalam Islam ada 5

Pertama : Alam Ruh,

Alam ruh merupakan tempat dimana sebelum manusia dipinjamin tubuh oleh Allah, Ruh sudah ada dan pada saat itu manusia diambil kesaksian oleh Allah QS Al Araaf ayat 172 “Bukankah Aku Tuhanmu ? seraya manusia menjawab betul Engkau Tuhan kami, Allah sengaja mengambil kesaksian supaya nanti di yaumil hisab manusia tidak mengelak dari semua perbuatan yang sudah dilakukannya.

Kedua : Alam Janin atau alam rahim,

Subhanallah alam rahim banyak diceritakan Allah proses kejadian manusia di dalam Al Quran.

Ada beberapa hikmah yang bisa diambil pada peristiwa alam rahim yang diceritakan dalam Al Quran dalam surat Al Mukminun/23:12-14 surat As Sadjdah/32:7-9, pertama : jika dikaitkan dengan ilmu tekhnologi kedokteran yang mana tahapan kejadian manusia dalam rahim baru saja ditemukan, pengakuan Prof.Keith L. Moore, PhD, DSc, FIAC, FRSM, FAAA  sementara Allah sudah menceritakan dalam Al Quran 1500 tahun yang lalu sebagai bukti bahwa Al Quran memang kitab suci yang diturunkan oleh sang pencipta dan yang maha mengetahui, kedua : Aman dan nyaman, tidak memikirkan makan, tidak pernah mengeluh, tidak pernah mersakan kejadian yang terjadi di alam dunia, ketiga : taat dan patuh janin dalam kandungan tidak pernah menolak perintah, tapi manusia setelah lahir ke dunia menjadi pembangkang.

Ketiga : Alam Dunia

Alam dunia yakni alam tempat kita berjuang untuk meraih akirat. Arti dunia dalam bahasa arab rendah, hina, gelap dan sejenisnya sering Allah mengatakan kesenangan dunia merupakan kesenangan yang sedikit.

Diriwayatkan dari nabi sebuah permisalan antara dunia dengan akirat kata beliau masukan jari ikhwan ke air laut lalu angkat berapa banyaknya air yang terbawa oleh jari tersebut itulah dunia sedangkan sisanya atau air laut itu adalah akiratnya

dalam surat Al Imran dan Al Hadid Allah katakan kehidupan dunia ini adalah senda gurau atau permainan, ……….

Persiapkanlah hari akhirat mu dan jangan lupakan dunia Al Qoshosh 77, Al Hasyar 18.

Keempat : Alam Barzah (Alam Kubur)

Banyak orang yang beranggapan kalau kita sudah meninggal selesailah semua urusan, ini merupakan paradigma yang SALAH, karena Allah berfirman dalam Alquran bahwa alam kubur itu merupakan tempat peristirahatan sementara sebelum semua dimintakan pertanggungjawabanya terhadap apa yang sudah kita lakukan di dunia. Bagi hambanya yang inkar sebenarnya sudah ada PORSEKOT atau DP hanya  kita sedikit sekali yang menyadarinya kalau itu sebagai DP terhadap amalan kita baik amal buruk maupun amal baik.

Tapi begitu kita menerima PORSEKOT di alam kubur disitu kita akan sadar karena tidak bisa lagi dibenarin kegagalanya semasa di dunia, maka itu namanya golongan orang merugi (walaupun mereka minta dikembalikan ke dunia hanya untuk beramal) namun Allah sudah menutup kesempatan buat merekan bahkan saat nyawa ditenggorokan sudah ditutup oleh Allah.

Jika orang yang banyak membawa amalnya mereka akan merasakan kesenangan alam kubur juga sebagai PORSEKOT yang ke 2, bahkan orang yang meninggal syahid dalam membela agama Allah minta hidup ke dunia lagi agar mereka bisa berjuang lagi dan berharap syahid lagi karena nikmatnya mati syahid. QS;2.154

Semua diceritakan Allah dalam Alquran sebagai peringatan dan pelajaran bagi hamba-Nya yang mau berpikir atau berakal

Kelima  : Alam akirat

Disinilah tempat peristiratan terakhir, yang masuk golongan kanan mereka penuh dengan kenikamatan selamanya yang mana kenikamatan itu tiada taranya apalagi dibandingkan dengan kenikamatan dunia yang seberat sayap nayamuk saja tidak sampai.

Seandainya nikmat dunia ada seberat sayap nyamuk niscaya orang kafir tidak akan diberi oleh Allah, namun saat ini Allah tetap memberinya walaupun mereka ingkar karena nikmat dunia ini tidak ada artinya dibanding nikmat akhirat. Al Araf 50 “Penghuni neraka menyeru penghuni syurga Limpahkanlah kepada kami sedikit minuman atau makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu” Mereka penghuni surga menjawab “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang kafir” ya Allah masukanlah kami ke dalam golongan kanan, aamiin.

Sedangkan golongan kiri, alangkah malangnya golongan kiri ini karena mereka tidur berkasurkan api neraka, berselimutkan api neraka, makan dengan buahan yang berduri dan tidak mengenyangkan sehingga bawaannya lapar terus, minum dengan air nanah dan air yang mendidih sehingga membuat ususnya terpotong-potong, lebih parahnya lagi kulit mereka yang sudah hangus digantikan oleh Allah dengan kulit yang baru agar mereka merasakan sakit (QS;4.56). Tidak cukup disitu yang mana mereka tidak mati dan tidak pula hidup jadi selamanya mereka akan mendapatkan siksa nauzubillah summa nauzubillah.

Itulah ilmu Allah yang Maha Tahu kejadian sebelumnya, sedang berlangsung dan yang akan terjadipun Allah tahu. Jadi yang disampaikan Allah dalam Alquran itu semuanya pasti terjadi adanya, tapi Allah tidak ikut campur urusan kita agar kita kelak tidak menuntut pada Allah maksudnya semua pilihan ada pada kita mau syurga apa neraka, mau sukses apa susah, mau mudah apa sulit.

Kecuali jika kita ikhlaskan semua hidup kita pada Allah insya Allah, Allah akan membimbing kita kejalan yang diridhoinya.

Dapatkan kemudahan dengan bergabung dengan Yayasan Aulia bisa beli pulsa praktis secara online 24 jam dan bisa beli token listrik, bayar listrik abodemen, Telpon, Speedy, bayar BPJS, WOM, BAF, MAF, XL, BigTv, Indovison, Aora TV. Praktis Mudah, caranya Reg.Hp.Nama.Alamat kirim ke 085717593873

Wassalam

Yasri

Comments on this entry are closed.

Previous post:

Next post: